Orientasi Bisnis Digital dan Optimasi Media Sosial Dalam Rangka Mengungkit Pertumbuhan Kinerja Bisnis Sektor Industri Kreatif

Authors

  • Wahyudiono Universitas Narotama Surabaya
  • Soffia Pudji Estiasih Universitas WR. Supratman Surabaya
  • Aminatuzzuhro Universitas Wijaya Putra Surabaya

Keywords:

Orientasi, bisnis, digital, pertumbuhan, kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh orientasi bisnis digital dengan optimasi media
sosial dan pertumbuhan kinerja bisnis serta menguji pengaruh optimasi media sosial dengan
pertumbuhan kinerja bisnis. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ekplanatif/asosiatif disertai
dengan pengujian hipotesis. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelaku IKM, dengan
jumlah populasi sebanyak 163. Sample size dalam penelitian sebanyak 47. Purposive sampling
dipergunakan sebagai teknik untuk pengambilan anggota sampel dari populasinya sekaligus
sebagai responden. Hasil Path analysis menunjukkan bahwa orientasi bisnis digital secara
langsung dan signifikan berpengaruh terhadap optimasi media sosial dan pertumbuhan kinerja
bisnis, optimasi media sosial secara langsung dan signifikan berpengaruh terhadap pertumbuhan
kinerja bisnis sektor industri kreatif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi bisnis
digital yang dilakukan secara massif akan mendorong optimasi penggunaan media sosial untuk
pengelolaan bisnis, sehingga mampu mengungkit pertumbuhan kinerja bisnis menjadi lebih
baik. Optimasi pemanfaatan media sosial secara masif akan memperkuat bisnis menjadi lebih
efisien dalam mengenali pasar sekaligus menyampaikan pesan pemasaran yang efektif tanpa
dibatasi oleh ruang waktu dan tempat, sehingga mampu mengungkit pertumbuhan kinerja bisnis
menjadi lebih baik.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Wahyudiono, W., Pudji Estiasih, S. ., & Aminatuzzuhro, A. (2022). Orientasi Bisnis Digital dan Optimasi Media Sosial Dalam Rangka Mengungkit Pertumbuhan Kinerja Bisnis Sektor Industri Kreatif. PROSENAMA, 2(1), 181–192. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/16

Issue

Section

Articles