Penerapan SWOT dan Marketing Mix dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Konveksi Genius Apparel

Authors

  • Farid Ma’ruf Universitas Ahmad Dahlan
  • Tirtha Kirana Putra Universitas Ahmad Dahlan

Keywords:

Endorsement, marketing mix, media sosial, pandemi, SWOT

Abstract

Wabah pandemi yang menimpa Indonesia sejak bulan maret 2020 lalu berdampak pada semua lini kehidupan, tanpa terkecuali pengusaha konveksi. Genius Apparel sebagai salah satu bisnis yang bergerak dalam bidang konveksi juga mengalami penurunan produksi yang pada kenyataannya sudah terjadi sejak bulan Desember 2021 dan diperparah dengan adanya pandemi Covid19. Hal tersebut dikarenakan beberapa masalah yang terjadi, baik disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal sebagaimana pandemi Covid19. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui perencanaan strategi bisnis dan pemasaran produk konveksi Genius Apparel. Pendekatan penyelesaian masalah yang diawali oleh Genius Apparel menggunakan metode analisis SWOT dan marketing mix 4P. Analisis SWOT dan marketing mix 4P digunakan untuk memecahkan masalah internal dan eksternal yang terjadi serta mampu mendeskripsikan strategi untuk pengembangan bisnis lebih lanjut. Setelah dilakukan pengolahan data, maka diperoleh hasil yang menyatakan bahwa Genius Apparel saat ini harus berfokus pada strategi memanfaatkan peluang dan kekuatan sehingga dapat diharapkan dapat mengambil peluang tersebut untuk mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencapai strategi tersebut adalah dengan meningkatkan akses pasar baru melalui melalui media sosial dan endorsement, menciptakan kombinasi motif yang lebih beragam, menambah fasilitas jahit khusus sesuai selera konsumen, merekrut tenaga ahli pemasaran online, dan mengganti desain kemasan yang lebih menarik. Selain itu, konveksi Genius Apparel juga harus mengembangkan pemasaran hingga keluar wilayah Kota Yogyakarta dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana pengenalan dan promosi. Promosi yang direncanakan adalah dengan memberikan penawaran diskon beserta fasilitas yang menarik bagi pembeli langsung maupun pihak ketiga yang membantu penjualan produk Genius Apparel.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Ma’ruf, F., & Putra, T. K. (2022). Penerapan SWOT dan Marketing Mix dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Konveksi Genius Apparel. PROSENAMA, 2(1), 45–59. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/21

Issue

Section

Articles