Determinan Penggunaan Mobile Food Ordering Applications Selama Pandemi COVID-19 di Indonesia
Keywords:
Continuous intention, e-Satisfaction, MFOAsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis berbagai determinan
penggunaan Mobile Food Ordering Application (MFOA) selama masa pandemi COVID-19.
Sumber data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada
235 responden yang pernah menggunakan aplikasi pemesanan makanan online di Indonesia
selama masa pandemi COVID-19. Penyebaran kuesioner diproses secara online menggunakan
situs web koleksi elektronik (google form). Penelitian ini diolah menggunakan metode SEM
dengan SPSS 24 dan AMOS 23. Performance expectancy, habit, online review, dan online rating
mempengaruhi continuous intention. Effort expectancy, social influence, facilitating conditions,
price value, hedonic motivation, dan online tracking tidak mempengaruhi continuous intention.
Pengaruh effort expectancy, facilitating conditions, online review, online rating, and online
tracking terhadap e-satisfaction terdukung. Pengaruh performance expectancy, social influence,
price value, dan hedonic motivation terhadap e-satisfaction tidak terdukung. Pengaruh e-
satisfaction mempengaruhi niat dan e-habit yang berkelanjutan. Pada penelitian selanjutnya,
MFOA harus memperhatikan variabel harapan usaha, pengaruh sosial, kondisi fasilitasi, nilai
harga, motivasi hedonis, dan pelacakan online untuk mendukung niat pelanggan yang
berkelanjutan. Harapan kinerja, pengaruh sosial, nilai harga, dan motivasi hedonis juga harus
ditingkatkan agar di masa mendatang mampu memuaskan pelanggannya.