Kualitas Layanan Publik Stasiun Kota Surabaya Selama COVID-19: Analisa Big Data
Keywords:
Ulasan online, kepuasan pelanggan, penambangan teks, kualitas layanan, perspektif sosialAbstract
Stasiun yang menyediakan fasilitas umum sebagai tempat transit dan juga tempat utilitas publik
harus memiliki fasilitas dan pelayanan yang berkualitas dan memadai untuk menciptakan
kepercayaan dan kepuasan bagi setiap orang yang menggunakannya dengan tujuan menciptakan
reputasi yang baik dan untuk menciptakan hubungan baik dengan pelanggan supaya pelanggan
merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan. Untuk membantu manajer mengevaluasi
kinerjanya, penelitian ini mengambil hasil pengamatan dari sudut pandang masyarakat yang
mengomentari dua stasiun terbesar di Surabaya antara lain: stasiun pasar turi, dan stasiun gubeng
yang menjadi objek penelitian ini melalui analisis big data yang bersumber dari website google
maps terkait objek penelitian. Dengan menggunakan metode textual review, penelitian ini dapat
memberikan gambaran perspektif sosial tentang kualitas layanan yang diberikan yang dengan hal
ini dapat menjadi masukan bagi manajer untuk meningkatkan atau mengembangkan kualitas
layanan yang mereka berikan.