Influence of Interpersonal Influence, Visual Appeal, Portability, Hedonic Browsing and Utilitarian Browsing on Urge to Buy Impulsively on Traveloka Application Users in Surabaya

Authors

  • Ferdian Universitas Surabaya
  • Veny Megawati Universitas Surabaya
  • Juliani Dyah Trisnawati Universitas Surabaya

Keywords:

Interpersonal influence, visual appeal, portability, hedonic browsing, utilitarian browsing, urge to buy impusively

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pesat teknologi nirkabel dan tingkat penetrasi perangkat yang tinggi, berdampak pada perdagangan seluler (m-commerce) menjadi salah satu saluran paling populer untuk berbelanja. Kemajuan teknologi memiliki dampak substitusi pada industri pariwisata dan perhotelan dan selanjutnya meningkatkan penjualan online dan reservasi layanan lainnya. Wisatawan sudah mulai menggunakan web dan teknologi dalam proporsi yang semakin besar, dan berperilaku impulsif selama melakukan pembelian secara online. Aplikasi M-commerce dan belanja online ini saling terkait. Portability dan Visual Appeal adalah dua variabel utama yang paling dihargai oleh konsumen dalam meningkatkan Hedonic Browsing dan Utilitarian. Kehadiran keluarga dan teman (interpersonal influence) juga mempengaruhi Urge to Buy Impusively. Dalam konteks literatur produk pariwisata, hedonic browsing dan utilitarian browsing berpengaruh terhadap dorongan untuk membeli secara impulsif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji hubungan yang kompleks antara pengaruh interpersonal influence, visual appeal, portability, hedonic browsing, utilitarian browsing dan urge to buy impusively saat membeli produk pariwisata. Objek yang digunakan adalah pelanggan mobile commerce Traveloka. Urge to Buy Impusively. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM dengan jumlah responden sebanyak 200 responden untuk mengukur hubungan antara variabel yang akan diteliti. Dari keseluruhan hipotesis pada penelitian ini yang menemukan 8 hipotesis, menyatakan seluruh hipotesis berpengaruh signifikan dengan hasil yang terdukung.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Ferdian, F., Megawati, V., & Trisnawati, J. D. (2022). Influence of Interpersonal Influence, Visual Appeal, Portability, Hedonic Browsing and Utilitarian Browsing on Urge to Buy Impulsively on Traveloka Application Users in Surabaya. PROSENAMA, 2(1), 60–71. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/28

Issue

Section

Articles