Analisis Pengukuran Kinerja Project Layanan Delivery Service Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ)
Keywords:
Balanced scorecard, key performance indicator, cascading, strategy map, action planAbstract
Lambatnya perkembangan layanan X pada PT XYZ dalam pertumbuhan perusahaannya, sangat berkaitan dengan penerapan visi misi perusahaan yang dilakukan oleh para pekerja di dalamnya. Adanya permasalahan tersebut dan juga sabagai akibat dari perubahan digital dan pandemi Covid19 mengharuskan PT XYZ untuk menerapakan sistem penilaian kinerja yang baik untuk menilai project yang dijalankan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan pengukuran kinerja yaitu menggunakan metode Balanced Scorecard. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis kinerja pada program PT XYZ delivery service atau layanan X terutama pada Tim Produk & Operasional & Operasional. Dipilihnya Departemen tersebut dikarenakan departemen ini merupakan bagian yang memiliki peranan penting dalam pencapaian tujuan strategi periode saat ini. Metode penelitian diawali dengan menganalisis kondisi eksternal & internal dengan metode PESTEL, 7s McKensey dan Analisis SWOT. Selanjutnya dilakukannya juga cascading strategi perusahaan khususnya pada Tim Produk & Operasionalberdasarakan balanced scorecard. Hasil dari penelitian ini yaitu menghasilkan 10 sasaran strategis dan 10 KPI pada PT XYZ, 5 sasaran strategi dan 5 KPI.