PENGARUH TARIF DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL EL TARI KUPANG

Authors

  • Maria Kartini Wiharja Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

Keywords:

Tarif, Pelayanan, Kepuasan Penumpang, Bandar Udara Internasional El Tari Kupang

Abstract

Setiap bandar udara memiliki tarif pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) yang
akan menunjang kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada penumpang. Dalam
memberikan pelayanan kepada penumpang, perusahaan harus profesional sehingga penumpang bisa
merasakan kepuasan, kenyamanan dan keamanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara
parsial, simultan, dan seberapa besar pengaruh antara tarif dan pelayanan terhadap kepuasan
penumpang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer dan sekunder
sebagai jenis data yang digunakan dan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Seluruh
penumpang pengguna jasa Bandar Udara Internasional El Tari Kupang digunakan sebagai populasi
dengan pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling yaitu sebanyak 100 orang.
Diperoleh bahwa, (1) tarif tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, (2) pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, (3) tarif dan pelayanan berpengaruh secara
simultan terhadap kepuasan penumpang, (4) besar pengaruh tarif dan pelayanan terhadap kepuasan
penumpang Bandar Udara Internasional El Tari Kupang sebesar 83,2% dan sisanya 16,8 dipengaruhi
oleh variabel lain diluar variasi variabel dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Wiharja, M. K. (2023). PENGARUH TARIF DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL EL TARI KUPANG. PROSENAMA, 3(1), 105–111. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/38

Issue

Section

Articles