PENGARUH KEPUASAN NASABAH TERHADAP PELAYANAN BANK SYARIAH
Keywords:
Dimensi pelayanan, kepuasan nasabah, bank syariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan nasabah perbankan syariah di Indonesia metode penelitian yang digunakan adalah
pengumpulan sampel, pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
perbankan syariah. Dimensi kualitas pelayanan yang paling mempengaruhi kepuasan nasabah
adalah responsivitas, diikuti oleh empati, kehandalan, jaminan, dan penampilan fisik.
Penelitian ini juga menunjukkan bahwa umur, pendidikan dan pengalaman mengggunakan
layanan perbankan syariah tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah,
sedangkan jenis kelamin dan pendapatan memimiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi bank syariah dalam meningkatkan
kualitas pelayanan mereka agar dapat meningkatkan kepuasan nasabah dan mempertahankan
nasabah yang ada serta menarik nasabah baru.