Peran Literasi Digital dalam Memoderasi Pengaruh Persepsi Risiko, Kepedulian Lingkungan, dan Literasi Keuangan terhadap Niat Pembelian Investasi Hijau pada Generasi Z di Kota Surabaya
Keywords:
Literasi Digital, Persepsi Resiko, Kepedulian Lingkungan, Literasi Keuangan, Niat pembelian Investasi HijauAbstract
Literasi digital memainkan peran krusial dalam membentuk perilaku konsumen, termasuk minat terhadap investasi hijau. Generasi Z, sebagai generasi digital native memiliki karakteristik unik dalam pengambilan keputusan finansial termasuk minat terhadap investasi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh literasi digital, persepsi risiko, kepedulian lingkungan, dan literasi keuangan terhadap niat pembelian investasi hijau pada Generasi Z di Surabaya. Metode kuantitatif dengan analisis SEM-PLS digunakan untuk menguji hipotesis pada 101 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan kepedulian lingkungan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap niat pembelian investasi hijau, sementara persepsi risiko tidak berpengaruh signifikan. Variabel moderasi literasi digital tidak mampu memperkuat hubungan antara variabel independen dan dependen. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya peran literasi keuangan dan kesadaran lingkungan dalam mempromosikan investasi hijau di kalangan generasi muda. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pengembangan produk investasi hijau yang lebih sesuai dengan preferensi Generasi Z serta upaya untuk meningkatkan literasi keuangan dan kesadaran lingkungan di kalangan generasi muda.