Analisis Daya Saing Ekspor Biji Kakao Indonesia di Pasar Internasional Tahun 2011-2021
Keywords:
Biji kakao, Daya saing ekspor, Dinamika ekspor, Revealed Comparative Advantage (RCA), Perdagangan internasionalAbstract
Sektor perkebunan Indonesia menjadi salah satu bagian penting bagi perekonomian nasional karena memiliki beberapa jenis komoditas unggulan yang diperdagangkan dalam pasar internasional melalui ekspor, salah satunya yakni biji kakao. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya saing ekspor biji kakao Indonesia di pasar internasional selama periode 2011-2021 dengan fokus pada negara tujuan utama yaitu Malaysia, Singapura, China, dan Jerman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menerapkan metode Revealed Comparative Advantage (RCA) untuk mengukur keunggulan komparatif ekspor biji kakao Indonesia ke empat negara tujuan. Data yang digunakan mencakup nilai ekspor kakao Indonesia, total nilai ekspor Indonesia, nilai ekspor kakao dunia, dan total nilai ekspor dunia yang diperoleh dari UN Comtrade dan International Trade Centre (ITC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keunggulan komparatif dalam ekspor biji kakao ke negara China dan Jerman, yang ditandai dengan nilai RCA yang tinggi. Sementara itu, nilai ekspor ke negara Malaysia dan Singapura cenderung mengalami penurunan yang signifikan tiap tahunnya. Ekspor biji kakao membawa kontribusi yang besar bagi perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang matang dan dukungan dari pemerintah untuk meningkatkan produktivitas di sektor kakao Indonesia.