E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA INOVASI BISNIS DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KALANGAN GENERASI MUDA

Authors

  • Ika Pratiwi Simbolon Universitas Bunda Mulia
  • Budi Christanto Universitas Bunda Mulia
  • Lilis Susilawaty Universitas Bunda Mulia
  • Ronaldo Universitas Bunda Mulia

Keywords:

e-commerce, generasi muda, pendapatan

Abstract

Studi ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui sejauhmana kehadiran media e-Commerce bagi generasi muda khususnya dalam budaya transaksi jual beli. Metode kualitatif berupa studi literatur melalui olah dan analisis data yang bersumber dari hasil penelitian ilmiah dan juga referensi pustaka lainnya menjadi cara yang digunakan sehingga studi ini sendiri dalam penyelesaiannya masih terkendala batasan biaya dan waktu. Proses adaptasi yang lebih cepat dalam pengoperasian jaringan internet, menempatkan penggunaan media e-Commerce didominasi oleh kalangan generasi muda sekaligus wujud sebuah inovasi peralihan dari sistem jual beli secara konvensional. Pada tahun 2022 mayoritas umur penanggung jawab ataupun pemilik usaha e-Commerce di Indonesia berada dalam rentang usia 25-34 (23,37%), 35-44(34,47 %) sedangkan 45-54 tahun hanya (24,96). Dengan sajian data tersebut jika menunjukkan model bisnis ini lebih digemari kalangan generasi Gen Z, Milenial dan Gen X, sekaligus menjadi sebuah peluang khususnya bagi kalangan generasi dalam penjatuhan pilihan bisnis yang akan berdampak pada peningkatan perekonomian negara. Kondisi keterbatasan akses internet, kurangnya permodalan dan tenaga kerja terampil masih menjadi kendala dan sudah selayaknya menajadi perhatian Pemerintah. Studi disadari jika dalam penyelesaiannya masih terkendala batasan biaya dan waktu, sebab hanya berupa studi Pustaka.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Simbolon, I., Christanto, B., Susilawaty, L., & Ronaldo, R. (2023). E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA INOVASI BISNIS DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN KALANGAN GENERASI MUDA. PROSENAMA, 3(1), 42–52. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/8

Issue

Section

Articles