Analisis Pengukuran Kinerja Project E-Course Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Layanan Pembelajaran Online)

Authors

  • Syarifa Hanoum Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Pinasti Purbaning Suci Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Prahardika Prihananto Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Ni Gusti Made Rai Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Sri Yayu Ninglasari Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keywords:

Manajemen kinerja, balance scorecard, key performance indicator, action plan

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi memberikan dampak yang besar pada proses bisnis di sebuah
perusahaan media yang telah lama berdiri di Indonesia tepatnya pada unit bisnis layanan
pembelajaran online. Dengan visi mencerahkan kehidupan bangsa, perusahaan membuat unit
bisnis yang memproduksi video pembelajaran dengan menghadirkan para ahli dan praktisi di
bidangnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja perusahaan kemudian
merekomendasikan balance scorecard (BSC) bagi perusahaan dan cascading balance scorecard
serta key performance indicators (KPI) untuk unit bisnis. Penelitian ini terdiri dari beberapa
tahapan, yaitu tahap pengumpulan data, tahap input, tahap pencocokan, dan tahapan terakhir
adalah corporate cascading balance scorecard (BSC) ke unit bisnis. Pada analisis ini dihasilkan
lima KPI yang diperoleh melalui hasil analisis internal, eksternal, visi misi, dan strategi
perusahaan digunakan sebagai dasar penyusunan pengukuran kinerja yang terdiri dari empat
perspektif BSC.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Hanoum, S. ., Purbaning Suci, P. ., Prihananto, P. ., Gusti Made Rai, N. ., & Yayu Ninglasari , S. . (2022). Analisis Pengukuran Kinerja Project E-Course Menggunakan Pendekatan Balance Scorecard (Studi Kasus Layanan Pembelajaran Online). PROSENAMA, 2(1), 258–268. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/23

Issue

Section

Articles