Perilaku Pembelian: Peran Kepercayaan Sebagai Efek Moderasi

Authors

  • Nanik Hariyana UPN “Veteran” Jawa Timur

Keywords:

Perbandingan sosial, materialisme, pembelian impulsif, kepercayaan diri

Abstract

Banyak indikator telah diusulkan yang dapat berkontribusi pada pembelian impulsif. Namun, beberapa penelitian telah meneliti peran perbandingan sosial dalam pembelian impulsif, materialisme, dan pengaruh negatif, dan bahkan lebih sedikit yang diketahui tentang proses mendasar yang dapat memoderasi hubungan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat kerangka kerja yang mencakup perbandingan sosial, materialisme, pengaruh negatif, pembelian impulsif, dan variabel moderator kepercayaan pada e-commerce di Jember. Sebanyak 249 kuesioner lengkap diterima dari anak muda yang sering berbelanja online. Studi ini menggunakan model struktural dan secara eksperimental menganalisis hubungan antara materialisme, perbandingan sosial, pembelian impulsif, dan pengaruh negatif, dan bagaimana kepercayaan variabel pemoderasi memengaruhi interaksi ini. Studi ini menemukan bahwa perbandingan sosial berpengaruh signifikan terhadap materialisme tetapi tidak berdampak negatif. Namun, pengaruh negatif berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif. Materialisme juga berdampak pada afek negatif dan pembelian impulsif. Selain itu, kepercayaan memiliki efek moderasi yang menguntungkan pada hubungan antara perbandingan sosial dan pembelian impulsif serta perbandingan sosial dan materialisme. Keterbatasan dan implikasi dari kedua aspek ilmiah dan manajerial penelitian juga dibahas. Hasilnya akan meningkatkan pemahaman pemasar tentang perilaku pembelian impulsif dengan mengevaluasi hubungan antara materialisme dan pengaruh negatif, yang akan memungkinkan mereka merencanakan strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan pembelian impulsif dan keuntungan di masa depan.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Hariyana, N. (2022). Perilaku Pembelian: Peran Kepercayaan Sebagai Efek Moderasi. PROSENAMA, 2(1), 155–164. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/37

Issue

Section

Articles