PENGARUH SOSIALISASI KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK: SURVEI KONSUMEN MAKANAN CEPAT SAJI

Authors

  • Nanik Hariyana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Hendra Syahputra Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Keywords:

sosialisasi, pengaruh keluarga, pengaruh teman sebaya, iklan televisi, loyalitas merek

Abstract

Loyalitas merek adalah tingkat kesetiaan konsumen terhadap suatu merek tertentu, yang
tercermin melalui pembelian ulang, meskipun adanya tekanan pemasaran dari merek-merek pesaing.
Strategi loyalitas merek sangat penting dalam mengurangi biaya operasional perusahaan, seperti biaya
promosi, cross-selling, dan up-selling. Fokus Penelitian ini adalah pada kecenderungan masyarakat
untuk memilih makanan cepat saji dari pada makanan yang berada di restoran biasa. Faktor sosialisasi
dapat mempengaruhi loyalitas merek, dalam penelitian ini menginvestigasi pengaruh keluarga, teman
sebaya, dan iklan televisi terhadap konsumsi makanan cepat saji. Sebanyak 250 kuesioner dibagikan di
restoran cepat saji umum, dan 99 kuesioner dikembalikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan
televisi memiliki pengaruh terbesar dalam menciptakan loyalitas merek, diikuti oleh faktor keluarga.
Artikel ini diakhiri dengan saran untuk meningkatkan layanan dan menekankan pentingnya elemen
kustomisasi dalam menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Hariyana, N., & Syahputra, H. (2023). PENGARUH SOSIALISASI KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS MEREK: SURVEI KONSUMEN MAKANAN CEPAT SAJI. PROSENAMA, 3(1), 132–138. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/41

Issue

Section

Articles