PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI HYPERBARIC RUMAHSAKIT PARU JEMBER

Authors

  • Ni Nyoman Putu Martini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Ainur Rokhmah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Arik Susbiyani Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

customer relationship management, brand image, kepuasan pasien, instalasi hyperbaric

Abstract

Rumah sakit yang memiliki pelayanan yang bermutu dan image yang baik akan dapat
bertahan dan unggul dibandingkan rumah sakit lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh customer relationship management dan brand image terhadap kepuasan pasien. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berkunjung ke instalasi hyperbaric
Rumah Sakit Paru Jember selama Januari-April 2023. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin
diambil dari 709 orang pasien Instalasi Hyperbaric, menghasilkan sampel penelitian sebanyak 90
orang pasien rawat jalan, tekhnis analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil
penelitian menunjukkan customer relationship management dan brand image secara partial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan Instalasi Hyperbaric Rumah
Sakit Paru Jember.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Martini, N., Rokhmah, A., & Susbiyani, A. (2023). PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PASIEN INSTALASI HYPERBARIC RUMAHSAKIT PARU JEMBER. PROSENAMA, 3(1), 250–255. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/54

Issue

Section

Articles