Eksplorasi Pengaruh Pemasaran Melalui TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen Z di UPN “Veteran” Jawa Timur

Authors

  • Xena Anastasya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Baramadya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Naila Muthia Sahira Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh strategi pemasaran melalui TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z (Gen Z) di UPN “Veteran” Jawa Timur. Latar belakang utama studi ini adalah fenomena social commerce dan transformasi TikTok menjadi alat pemasaran digital yang efektif bagi Gen Z sebagai digital natives. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survei, melibatkan 30 mahasiswa Gen Z yang aktif bertransaksi di TikTok Shop, dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis dengan Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel Konten Promosi dan Interaktivitas & Engagement berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian (Sig. F < 0.001) , dengan kontribusi sebesar 74,1% (R²). Secara parsial (Uji t), Konten Promosi terbukti berpengaruh positif dan signifikan (Sig. 0.002), menjadikannya faktor paling dominan dalam mendorong pembelian. Sementara itu, Interaktivitas & Engagement tidak menunjukkan pengaruh signifikan (Sig. 0.369). Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa aktivitas pemasaran di TikTok Shop, terutama melalui konten kreatif, memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk dan meningkatkan konversi pembelian di kalangan Gen Z.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Xena Anastasya, Baramadya, & Naila Muthia Sahira. (2025). Eksplorasi Pengaruh Pemasaran Melalui TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Gen Z di UPN “Veteran” Jawa Timur. PROSENAMA, 5. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/104

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)