Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Pada Shopee Terhadap Purchase Intention Colorbox (Studi Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur)

Authors

  • Naila Muthia Sahira Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Baramadya Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Yogi Pradhana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Kusuma Mukti Dewantoro Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Anaanta Girindra Wardhani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mengubah cara masyarakat, terutama mahasiswa, membeli barang. Mereka banyak berbelanja lewat aplikasi e-commerce, seperti Shopee, yang menjadi tempat untuk berbagai merek, termasuk Colorbox yang dikenal sebagai merek fashion untuk remaja. Citra merek dan kesadaran merek sangat penting dalam membentuk penilaian dan keinginan beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak dari citra merek dan kesadaran merek terhadap keinginan beli produk Colorbox di Shopee, khususnya pada mahasiswa di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif asosiatif dengan mengumpulkan data melalui kuesioner skala 1 sampai 4. Peneliti memilih 40 responden menggunakan metode purposive sampling, dan menganalisis data dengan metode regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Hasil menunjukkan bahwa citra merek memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keinginan beli, sedangkan kesadaran merek tidak secara signifikan memengaruhi keinginan beli. Namun, kedua faktor ini secara bersamaan berpengaruh signifikan dengan tingkat penjelasan sebesar 59,2%. Temuan ini menunjukkan bahwa citra merek yang kuat lebih berpengaruh dalam mendorong keinginan beli dibandingkan hanya tingkat kesadaran merek. Penelitian ini terbatas pada jumlah responden yang tidak terlalu banyak dan hanya mencakup satu universitas. Penelitian berikutnya diharapkan dapat memperluas sampel dan menambah variabel seperti kepercayaan konsumen serta promosi digital. Hasil penelitian ini bisa menjadi acuan bagi Colorbox untuk meningkatkan strategi pemasaran digital dan membangun loyalitas konsumen di Shopee.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Naila Muthia Sahira, Baramadya, Yogi Pradhana, Kusuma Mukti Dewantoro, & Anaanta Girindra Wardhani. (2025). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Pada Shopee Terhadap Purchase Intention Colorbox (Studi Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur). PROSENAMA, 5. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/105

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)