Dapatkah Inovasi dan Kualitas Layanan Meningkatkan Tingkat Kunjungan dan Kepuasan Pengunjung Pada Lounge Pemda Banyuwangi?

Authors

  • Nurul Qomariah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Bibin Widiatmoko Universitas Muhammadiyah Jember
  • Abadi Sanosra Universitas Muhammadiyah Jember
  • Nursaid Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

inovasi, kualitas pelayanan, tingkat kunjungan, kepuasan, Lounge Banyuwangi

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah berdampak terhadap segal bidang kehidupan, tidak terkecuali
terhadap layanan yang diberikan oleh pemerintah Banyuwangi yang dikenal dengan istilah Lounge
Pemda Banyuwangi. Lounge Pemda Banyuwangi merupakan salah satu program layanan electronic
government akibat adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis internet
yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari pada tulisan ini adalah
untuk menguji dan menganalisis peran inovasi dan kualitas layanan dalam meningkatkan tingkat
kunjungan dan kepuasan pengunjung pada Lounge Pemda Banyuwangi. Pada tulisan ini populasinya
adalah tamu kedinasan yang telah memanfaatkan fasilitas pelayanan pada Lounge Banyuwangi yang
jumlahnya kurang lebih 6.923 pengujung. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunkan rumus
Slovin dengan tingkat kritis 10% yang akhirnya diperoleh jumlah sampel sebanyak 100 pengunjung
Lounge. Agar penelitian ini berjalan dengan lancar maka digunakan kuisioner sebagai alay ukurnya,
yang akan di uji dengan validitas dab reliabuilitas data. Untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini digunakan analisis SEM dengan Warp-PLS. Setelah dilakukan pengujian dan analisis
maka hasilnya yaitu : inovasi yang dilakukan oleh layanan Lounge Pemda Banyuwangi berdampak
terhadap kepuasan pengunjung. Kualitas layanan dari layanan longe juga memiliki berpengaruh
terhadap kepuasan pengujung Lounge. Inovasi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap tingkat
pengujung Lounge. Tingkat pengunjung memiliki dampak positif dan signifikan terhadap rasa senang
atau kepuasan pengunjung pada pelayanan Lounge Banyuwangi. Inovasi yang dilakukan dan kualitas
layanan yang diberikan ternyata berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung melalui
mediasi tingkat pengunjung pada Lounge Banyuwangi.

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Qomariah, N. ., Bibin , B. ., Abadi , A. ., & Nursaid, N. (2022). Dapatkah Inovasi dan Kualitas Layanan Meningkatkan Tingkat Kunjungan dan Kepuasan Pengunjung Pada Lounge Pemda Banyuwangi?. PROSENAMA, 2(1), 165–180. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/14

Issue

Section

Articles