PERAN KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH KOPERASI

Authors

  • Nurul Qomariah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Raihul Firdaus Universitas Muhammadiyah Jember
  • Toni Herlambang Universitas Muhammadiyah Jember

Keywords:

jasa layanan, trust, kepuasan, loyalitas, koperasi

Abstract

Koperasi merupakan salah satu bentuk badan usaha yang ikut andil dalam
meningkatkan kegiatan perekonoian di Indonesia. Tulisan ini memiliki tujuan yang pertama
yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan trhadap loyalitas nasabah. Tujuan yang
kedua yaitu untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap laoyalitas nasabah koperasi.
Tujuan ketiga yaitu untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada
Koperasi SImpan Pinjam (KSP) Perkasa Djaya Mandiri Kabupaten Jember. Penelitian ini
menggunakan populasi seluruh nasabah KSP Perkasa Djaya Mandiri Jember dengan jumlah
sebanyak 4210 nasabah. Dengan metode Slovin diperoleh sampel sebanyak 365 responden.
Tulisan ini dianalisis dengan model SEM dengan alat WarpPLS 7.0. Hasil penelitian atas
dasar perhitungan statistik yaitu yang pertama menunjukkan bahwa kualitas layanan
memberikan dampak yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. Hasil yang kedua yaitu
bahwa kepercayaan nasabah memberikan dampak yang sangat signifikan terhadap loyalitas
nasabah koperasi. Kepuasan nasabah koperasi ternyata memberikan dampak yang juga
signifikan terhadap loyalitas nasabah koperasi. Dengan demikian penting bagi KSP untuk
terus meningkatkan jasa layanan, kepercayaan yang sudah diberikan nasabah, dan kepuasan
nasabah karena terbukti memberikan peningkatan terhadap loyalitas nasabah koperasi.

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

Qomariah, N., Firdaus, R., & Herlambang, T. (2023). PERAN KUALITAS LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS NASABAH KOPERASI. PROSENAMA, 3(1), 121–131. Retrieved from https://prosenama.upnjatim.ac.id/index.php/prosenama/article/view/40

Issue

Section

Articles