Strategi Peningkatan Akses Pelanggan Melalui Model Pemasaran Berbasis Google Bisnis
Keywords:
Google Business, marketing communication, marketing relationship, costumer relationship quality, costumer loyaltyAbstract
Penggunaan Google Business dalam peningkatan akses pelanggan belum banyak dibahas dalam
ranah akademik serta jurnal ilniah. Penelitian ini mecoba melihat sejauhmana penggunaan
Google Business pada industri Roti yang berada di Kota Jember, serta kaitannya pada marketing
communication, marketing relationship, customer relationship quality, dan costumer loyalty.
Responden sejumlah 142 orang yang mengisi kuisioner, serta 8 orang produsen yang kami ajak
berdiskusi secara focus tentang strategi peningkatan akses pasar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa penggunaan Google Business media dapat dipengaruhi oleh variabel marketing
communication dan marketing relationship, namun tidak dapat dipengaruhi dengan customer
relationship quality. Sedangkan Customer Loyalty dapat dipengaruhi oleh marketing
communication dan costumer relationship qualty melalui penggunaan Google Business, namun
marketing relationship belum bisa menjadi pembentuk customer loyalty.